Kamis, April 18, 2013

DOLPHIN

          1. Kehidupan Lumba - Lumba
      Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari mahluk mamalia yang dikenal sebagai mahluk yang pintar dan bersahabat dengan manusia ini. Lumba – lumba disebut hewan yang cerdas melebihi simpanse karena ia memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Lumba-lumba dapat menolong manusia, bila ikan lumba-lumba sudah terlatih, bahkan lingkaran api pun dapat mereka terobos. Singa laut, spesies primata, ikan paus dan anjing juga termasuk binatang yang cerdas. Lumba-lumba yang sudah terlatih dapat melakukan berbagai atraksi dan mereka juga dapat berhitung, tetapi Lumba-lumba liar belum dapat melakukan berbagai atraksi. Sekarang ini, lumba-lumba dan ikan paus sudah langka, maka lumba-lumba dan ikan paus harus dilindungi. Lumba-lumba dan ikan paus telah mulai dilindungi di seluruh dunia.
      Lumba-lumba hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba. Lumba-lumba hidup dan bekerja dalam kelompok atau disebut kawanan. Mereka sering bermain bersama. Seekor lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak di bawah air. Ia bisa tenggelam. Oleh karena itu, ia setengah tidur beberapa saat dalam sehari. Lumba-lumba harus berhati hati terhadap ikan hiu yang mungkin menyerang mereka sewaktu waktu. Mereka melindungi diri dengan gigi giginya, kadang-kadang mereka menggunakan paruhnya sebagai pelantak. Manusia dapat menjala banyak sekali ikan bagi lumba-lumba untuk makanannya.
      2.      Tekhnologi dan Lumba - Lumba
Contoh teknologi yang terinspirasi dari lumba – lumba yaitu :
  1. Baju renang, yang dirancang mirip kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga sang perenang dapat berenang dengan sedikit hambatan air seperti lumba – lumba.
  2. Radar kapal selam, pembuatan radar kapal selam ini merupakan terapan dari lumba – lumba yang memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan.
  3. Sonar, sonar pada lumba-lumba memancarkan gelombang bunyi sebesar 200.000 Hz(getaran/detik) dari organ khusus pada bagian depan kepala lumba-lumba.Mereka menggunakan getaran ini untuk mendeteksi rintangan dalam perjalanan dan dapat memperkirakan arah,jarak,kecepatan,ukuran dan bentuk rintangan yang ada di depan mereka. Prinsip kerja sonar ini sama dengan prinsip kerja sonar pada lumba-lumba.
  4. Haluan kapal, moncong lumba-lumba dijadikan model untuk haluan kapal modern. Saat ini haluan kapal lebih cenderung menggunakan bentuk haluan yang sama dengan moncong lumba-lumba dibandingkan dengan haluan berbentuk V. Bentuk ini memungkinkan haluan kapal lebih mudah dan efisien dalam membelah permukaan air sehingga membantu kapal lebih cepat dan hemat energi sebanyak 25% saat berlayar.
     Beberapa hal diatas adalah contoh dari evolusi teknologi yang dibuat berdasarkan inspirasi yang didapat dari salah satu mamalia cerdas yaitu lumba-lumba. Saat bicara evolusi, kita tidak hanya membicarakan perkembangan dari makhluk hidup sederhana ke makhluk hidup kompleks. Perubahan berangsur pada makhluk hidup, bahkan ke arah yang lebih sederhana pun, bisa dikatakan evolusi. Saat ular atau paus dan lumba - lumba kehilangan kakinya, itu pun satu bentuk evolusi.  Para ilmuwan mencacat ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba. Lumba-lumba selain adalah mahluk yang cerdas, ramah, dapat menolong manusia (jika dilatih) serta banyak menginspirasi teknologi teknologi canggih, mahluk cerdas ini memiliki beberapa keunikan. Berikut adalah beberapa jenis lumba – lumba dan beberapa macam keunikan yang dimiliki mamalia pintar yang sering kita sebut lumba-lumba :
    A. Beberapa jenis contoh lumba-lumba yang hidup di perairan Indonesia :
1.      Lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncates,Montagus 1821)
2.      Lumba-lumba totol (Stenella Attenuate,Gray 1846)
3.      Lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris, Gray 1828)
4.      Lumba-lumba bergaris (Stenella coeruleoalba, Meyen 1833)
5.      Lumba-lumba biasa (Delphinus Delphis, Linnaeus 1758)
6.      Lumba-lumba fraser (Lagenodelphis hosei, Fraser 1758)
7.      Lumba-lumba putih cina (Sausa Chinensis, Osbeck 1765)
8.      Lumba-lumba gigi-kasar (Steno Bredanensis, Lesson 1828)
9.   Lumba-lumba abu-abu (Grampus Griseus, Cuvier 1812)
10.  Pesut (Orcaella brevirortris, Gray 1866)
 B.   Beberapa contoh fakta – fakta unik tentang lumba-lumba adalah, sbg :
1.      Suka Membonceng
             Lumba-lumba suka berenang mengikuti speed boat, atau berloncatan di depan, dan belakang speed boat. Mereka berenang secepat speed boat. Lumba-lumba pasifik putih dapat berenang dengan kecepatan sekitar 28 km/jam. Saat mengikuti speed boat, mereka lebih cepat lagi. Speed boat menciptakan gelombang yang menekan air ke atas. Lumba-lumba berenang di antara gelombang dan mengikuti arus yang diciptakan speed boat. Jadi, lumba-lumba tidak perlu mengeluarkan energi untuk berenang, tetapi hanya membonceng mengikuti arus.
2.      Suara Bising
      Lumba-lumba menggunakan suara untuk “melihat”. Mereka mengeluarkan suara dan mendengarkan pantulan nya untuk mencari makanan dan navigasi. Saat berburu ikan, lumba-lumba mengeluarkan suara yang sangat bising sehingga membuat ikan kecil “pusing”.
3.      Tulang Kaki
      Jutaan tahun lalu, lumba-lumba memiliki kaki. Ilmuwan melihat ada dua potongan tulang panggul dalam kerangka lumba-lumba. Mungkin itu bekas tulang kaki. Beberapa ilmuwan menduga nenek moyang lumba-lumba berjalan di atas tanah.
4.      Gigi Runcing
      Beberapa jenis lumba-lumba memiliki gigi lebih banyak dan lebih panjang dibanding buaya. Ada jenis lumba-lumba yang memiliki gigi panjang sebanyak 250 buah. Namun, lumba-lumba tidak suka menggigit manusia.
5.      Kerjasama yang Kompak
      Kadangkala ribuan lumba-lumba berburu bersama-sama. Mereka berbaris mengepung mangsa. Area yang dikepung luas, kemudian diperkecil sehingga mangsa kebingungan, kemudian dimakan.
6.      Membantu Nelayan
      Lumba-lumba sering berkerumun di sekeliling kapal nelayan sembari loncat. Mereka menuntun ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Di Brazil, lumba-lumba hidung botol memberi tanda ketika jaring nelayan telah penuh dengan ikan.
7.      Nama Panggilan
      Lumba-lumba berkomunikasi dengan “peluit” dan menggunakan “nama” untuk mengidentifikasi satu sama lain. Beberapa ilmuwan menduga bahwa lumba-lumba memiliki tanda panggilan khusus dan menggunakan salam khusus ketika berpisah dengan kawannya.
8.      Bidan Penolong
      Ketika induk lumba-lumba hendak melahirkan, seekor lumba-lumba berperan bagaikan bidan, yakni berjaga dan menolong persalinan. Setelah bayi lumba-lumba lahir, sang bidan membantu mengasuh bayi lumba-lumba tersebut.
9.      Suka Humor
      Seperti manusia, lumba-lumba tampaknya suka bercanda. Seekor lumba-lumba bernama Ake, diminta membantu membersihkan kolam. Ia membawa kotoran berupa daun atau potongan benda, kemudian diantarkan ke pelatih nya. Setelah kotoran di kolam habis, lumba-lumba membuatnya sendiri. Ia mengelupas cat pada kolam, kemudian diantarkan ke pelatih nya.
10.  Hidup di Air Tawar
      Sebagian besar species lumba-lumba hidup di laut. Namun ada lima jenis lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (China), sunfai Amazon (Brazil), dan Orinoco (Amerika Selatan).
11.  Lumba-Lumba Tidur Sebelah Mata
      Sistem penglihatannya memang mengagumkan. Jika dibandingkan dengan penglihatan manusia, mata manusia tak dapat fokus di dalam air. Penglihatan kita akan kabur. Mata lumba-lumba ini layaknya kamera canggih yang memungkinkan mereka untuk dapat melihat dengan jelas di daratan maupun di air. Ini sangat diperlukan bagi lumba-lumba. Setiap kali muncul ke permukaan, lumba-lumba secara seksama memperhatikan pergerakan kawanan burung di sekitar mereka. Sebab, di tempat burung berkumpul terdapat sekumpulan ikan. Beberapa jenis lumba-lumba harus naik ke permukaan untuk bernafas setiap 20 sampai 30 detik. Lumba-lumba beristirahat dengan hanya mengaktifkan setengah dari otak mereka, dan matanya terbuka sebelah. Lumba-lumba sangat tahu akan hal ini, dan memanfaatkannya untuk mencari mangsa dengan mudah. Desain istimewa mata lumba-lumba juga melindungi mata mereka dari air laut yang asin. Setiap mata lumba-lumba dapat fokus pada satu titik yang berbeda pada saat bersamaan. Oleh karena itu, seekor lumba-lumba dapat melihat ke depan dengan satu mata untuk menentukan arah berenang sambil berjaga-jaga dari bahaya dengan mata yang lain. Bila perlu, lumba-lumba dapat menutup salah satu matanya dan mengistirahatkan separuh otaknya.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Lumba-lumba
http://dhedec.blogdetik.com/kehidupan-lumba-lumba/
http://blogkehidupanunikikanlumba-lumba.blogspot.com/
http://grahaiptek.blogspot.com/2011/08/lumba-lumba-dan-teknologi.htmlhttp://membantah-harunyahya.blogspot.com/2010/08/13-makhluk-hidup-purba-dan-evolusi.html
http://sukasukadolilubis.blogspot.com/2013/01/evolusi-perkembangan-mamalia.html
http://luswandy-ngeblog.blogspot.com/2012/06/jenis-lumba-lumba.html
http://dnsdolphin.blogspot.com/2013/01/10-jenis-lumba-lumba-yang-hidup-di.html

Minggu, April 14, 2013

Gangguan Sistem Reproduksi

A.    Gangguan pada Sistem Reproduksi Wanita
1.      Gangguan Menstruasi. Gangguan menstruasi pada wanita dibedakan menjadi dua jenis, yaitu amenore primer dan amenore sekunder.
a.       Amenore primer adalah tidak terjadinya menstruasi sampai usia 17 tahun dengan atau tanpa perkembangan seksual.
b.      Amenore sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 – 6 bulan atau lebih pada orang yang tengah mengalami siklus menstruasi.
2.      Kanker Genitalia. Kanker genitalia pada wanita dapat terjadi pada vagina, serviks dan ovarium.
3.      Kanker Vagina. Kanker vagina tidak diketahui penyebabnya tetapi kemungkinan terjadi karena iritasi yang diantaranya disebabkan oleh virus. Pengobatannya antara lain dengan kemoterapi dan bedah laser.
4.      Kanker Serviks. Kanker serviks adalah keadaan dimana sel-sel abnormal tumbuh di seluruh lapisan epitel serviks. Penanganannya dilakukan dengan mengangkat uterus, oviduk, ovarium, sepertiga bagian atas vagina dan kelenjar limfe panggul.
5.      Kanker Ovarium. Kanker ovarium memiliki gejala yang tidak jelas. Dapat berupa rasa berat pada panggul, perubahan fungsi saluran pencernaan atau mengalami pendarahan vagina abnormal. Penanganan dapat dilakukan dengan pembedahan dan kemoterapi.
6.      Endometriosis. Endometriosis adalah keadaan dimana jaringan endometrium terdapat di luar uterus, yaitu dapat tumbuh di sekitar ovarium, oviduk atau jauh di luar uterus, misalnya di paru-paru.
7.      Infeksi Vagina. Gejala awal infeksi vagina berupa keputihan dan timbul gatal
gatal. Infeksi vagina menyerang wanita usia produktif. Penyebabnya antara lain akibat hubungan kelamin, terutama bila suami terkena infeksi, jamur atau bakteri.

B.     Gangguan Sistem Reproduksi Pada Pria
1.      Kanker Testis. Biasanya hanya menghantam satu testis saja. Gejala pertama dirasa dari munculnya sel-sel tumor adalah nyeri dan bengkak.  Kanker testis umumnya terdiagnosa karena kehadiran substansi kimia tubuh seperti alpha fetoprotein dan beta human chorionic gonadotropin yang diproduksi sel-sel kanker. Pemeriksaan umumnya dilakukan melalui darah. Meskipun tergolong jenis kanker langka namun mematikan. Sebab belum ada obatnya. Meski demikian dengan perawatan tinggi dan menjaga kondisi tubuh, sekitar 70% penyandang kanker testis dapat bertahan hidup lebih lama. Kanker ini tidak menular bahkan terhadap pasangannya.
2.      Epididimitis. Epididimitis adalah peradangan pada epididimis, yaitu saluran berkelok-kelok yang menghubungkan testis dengan vas deferens. Epididimitis biasanya disebabkan oleh infeksi atau oleh penyakit menular secara seksual (PMS) yang mengakibatkan rasa nyeri dan pembengkakan pada salah satu testis.
3.      Hernia Inguinal. Hernia Inguinal adalah gangguan atau kelainan yang ditandai dengan sebagian usus terdorong menembus dinding abdominal dan masuk ke selangkangan atau skrotum. Hernia terlihat sebagai suatu pembengkakan di daerah selangkangan. Kelainan ini dapat diperbaiki dengan cara pembedahan.
4.      Ambiguous Genitalia ( Alat Kelamin Ganda ). Ambiguous Genitalia merupakan kelainan yang sangat jarang terjadi. Kelainan ini ditandai dengan seorang bayi lahir dengan alat kelamin yang tidak jelas apakah laki-laki atau perempuan. Sebagian besar anak laki-laki yang lahir dengan kelainan seperti ini memiliki penis yang sangat kecil atau tidak ada, tetapi memiliki jaringan testis. Pada sejumlah kecil kasus, seorang anak memiliki jaringan testis dan ovarium.
5.      Mikropenis. Mikropenis merupakan kelainan lainnya yang juga sangat jarang. Pada kelainan seperti ini, penis terbentuk secara normail, tetapi dengan ukuran di bawah ukuran rata-rata, yang ditunjukkan dengan pengukuran standar.
6.      Sterilitas/Infertilitas. Jika seorang laki-laki steril atau mandul, tubuhnya tidak mampu membentuk sperma sama sekali atau tidak mampu menghasilkan sperma dalam jumlah yang cukup. Hal itu terjadi sebagai akibat tidak normalnya organ-organ reproduksi, peradangan pada alat kelamin, kecanduan alkohol, atau akibat penyakit menular seksual. Beberapa laki-laki juga mengalami masalah ejakulasi.

Sumber :
http://gurungeblog.wordpress.com/2008/10/31/sistem-reproduksi-pada-manusia-wanita/
http://sebelasipasatoe.wordpress.com/2010/05/02/kelainan-atau-gangguan-pada-sistem-reproduksi-laki/

Sistem Reproduksi

Reproduksi adalah suatu proses biologis di mana individu organisme baru diproduksi. Reproduksi adalah cara dasar mempertahankan diri yang dilakukan oleh semua bentuk kehidupan, setiap individu organisme ada sebagai hasil dari suatu proses reproduksi oleh pendahulunya. Cara reproduksi secara umum dibagi menjadi dua jenis,  yaitu : seksual dan aseksual.
Aseksual suatu individu dapat melakukan reproduksi tanpa keterlibatan individu lain dari spesies yang sama. Pembelahan sel bakteri menjadi dua sel anak adalah contoh dari reproduksi aseksual. Walaupun demikian, reproduksi aseksual tidak dibatasi kepada organisme bersel satu. Kebanyakan tumbuhan juga memiliki kemampuan untuk melakukan reproduksi aseksual.
Seksual membutuhkan keterlibatan dua individu, biasanya dari jenis kelamin yang berbeda. Reproduksi manusia normal adalah contoh umum reproduksi seksual. Secara umum, organisme yang lebih kompleks melakukan reproduksi secara seksual, sedangkan organisme yang lebih sederhana, biasanya satu sel, melakukan reproduksi secara aseksual. Sistem reproduksi terdapat pada pria dan wanita.
1.      Sistem Reproduksi Pria
Sistem Reproduksi Pria meliputi organ-organ reproduksi, spermatogenesis dan hormon pada pria. Organ Reproduksi Organ reproduksi pria terdiri atas : organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar.
A.    Organ Reproduksi Dalam
Organ reproduksi dalam pria terdiri atas testis, saluran pengeluaran, dan kelenjar asesoris.
a.       Testis   : Fungsi testis secara umum merupakan alat untuk memproduksi sperma dan hormon kelamin jantan yang disebut testoteron.
b.      Saluran pengeluaran : terdiri dari epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi dan uretra.
·         Epididimis : saluran yang berkelok-kelok di dalam skrotum yang keluar dari testis berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara spermasampai sperma menjadi matang dan bergerak menuju vas deferens.
·         Vas Deferens : saluran sperma (duktus deferens) merupakan saluran lurus yang mengarah ke atas danmerupakan lanjutan dari epididimis berfungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididimis menujukantung semen atau kantung mani (vesikula seminalis)
·         Saluran Ejakulasi : saluran pendek yang menghubungkan kantung semen dengan uretra. Saluran ini berfungsi untuk mengeluarkan sperma agar masuk ke dalam uretra.
·         Uretra : saluran akhir reproduksi yang terdapat di dalam penis berfungsi sebagai salurankelamin yang berasal dari kantung semen dan saluran untuk membuang urin dari kantung kemih.
c.       Kelenjar Asesoris : Kelenjar asesoris merupakan kelenjar kelamin yang terdiri dari vesikula seminalis, kelenjar prostatdan kelenjar Cowper .
·         Vesikula Seminalis : kelenjar berlekuk-lekuk yang terletak di belakang kantung kemih. Dinding vesikula seminalis menghasilkan zat makanan yang merupakan sumber makanan bagi sperma.
·         Kelenjar Prostat : menghasilkan getah yang mengandung kolesterol, garam dan fosfolipid yang berperan untuk kelangsunganhidup sperma.
·         Kelenjar Cowper : merupakan kelenjar yang salurannya langsung menuju uretra.Kelenjar Cowper menghasilkan getah yang bersifat alkali (basa).
B.     Organ Reproduksi Luar
Organ Reproduksi luar terdiri dari penis skrotum dan spermatogenesis.

2.      Sistem Reproduksi Wanita
Sistem reproduksi wanita meliputi organ reproduksi, oogenesis, hormon pada wanita, fertilisasi, kehamilan, persalinan dan laktasi. Organ Reproduksi organ reproduksi wanita terdiri dari organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar.
A.    Organ Reproduksi Dalam
Organ reproduksi dalam wanita terdiri dari ovarium dan saluran reproduksi (saluran kelamin).
a.       Ovarium : berfungsi untuk menghasilkan ovum (sel telur) serta hormon estrogen dan progesteron.
b.      Saluran Reproduksi : Saluran reproduksi (saluran kelamin) terdiri dari oviduk, uterus dan Vagina.
·         Oviduk : berfungsi untuk menyalurkan ovum dari ovarium menuju uterus.
·         Uterus : kantung peranakan atau rahim merupakan rongga pertemuan oviduk kanan dan kiri yang berbentuk seperti buah pir dan bagian bawahnya mengecil yang disebut serviks (leher rahim). Berfungsi sebagai tempat perkembangan zigot apabila terjadi fertilisasi.
·         Vagina
Vagina merupakan saluran akhir dari saluran reproduksi bagian dalam pada wanita.

B.     Organ Reproduksi Luar
Organ reproduksi luar pada wanita berupa vulva.
Vulva merupakan celah paling luar dari organ kelamin wanita.
Pada vulva bermuara dua saluran, yaitu saluran uretra (saluran kencing) dan saluran kelamin (vagina). Pada daerah dekat saluran ujung vagina terdapat himen atau selaput dara. Himen merupakan selaput mukosa yang banyak mengandung pembuluh darah.

C.     Oogenesis
Oogenesis merupakan proses pembentukan ovum di dalam ovarium.
D.    Hormon pada Wanita
Pada wanita, peran hormon dalam perkembangan oogenesis dan perkembangan reproduksi jauh lebih kompleks dibandingkan pada pria. Salah satu peran hormon pada wanita dalam proses reproduksi adalah dalam siklus menstruasi.
E.     Fertilisasi
Fertilisasi atau pembuahan terjadi saat oosit sekunder yang mengandung ovum dibuahi oleh sperma. Fertilisasi umumnya terjadi segera setelah oosit sekunder memasuki oviduk.
F.      Gestasi (Kehamilan)
G.    Persalinan
Persalinan merupakan proses kelahiran bayi. Pada persalinan, uterus secara perlahan
menjadi lebih peka sampai akhirnya berkontraksi secara berkala hingga bayi dilahirkan.
Penyebab peningkatan kepekaan dan aktifitas uterus sehingga terjadi kontraksi yang
dipengaruhi faktor-faktor hormonal dan faktor-faktor mekanis. Hormon-hormon yang
berpengaruh terhadap kontraksi uterus, yaitu estrogen, oksitosin, prostaglandin dan
relaksin.
H.    Laktasi


Sumber :

http://id.scribd.com/doc/12878882/Sistem-Reproduksi

http://id.wikipedia.org/wiki/Reproduksi
http://gurungeblog.wordpress.com/2008/10/31/sistem-reproduksi-pada-manusia-wanita/
http://sebelasipasatoe.wordpress.com/2010/05/02/kelainan-atau-gangguan-pada-sistem-reproduksi-laki/

Rabu, April 03, 2013

Definisi dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar

 A.   Definisi Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja. dan ilmu yang hanya berbicara tentang bagaimna metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam lebih secara filosofi. IAD merumuskan pemikiran yang selalu di landasi oleh realisme, karena ilmu sains ini berbicara tentang metode-metode alamiah dan gejala-gejala alamiah sehingga tidak dapat lepas dari realitas objek-objek materi yang dapat dilihat oleh indra.
Sedangkan ilmu alamiah dasar menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006: V) “Ilmu Alamiah Dasar” merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam  bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi”.
                Ilmu alamiah dasar mempelajari dasar-dasar alamiah secara universal atau keseluruhan. Metode-metode yang digunakan dalam menafsirkan Ilmu Alamiah Dasar adalah metode-metode alamiah yang dapat dilihat dan dirasa oleh indra sehingga,tidak dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan untuk membuat prinsip mengenai ilmu alamiah dasar jika tidak ada realitanya. Manusia sebagai subjek pokoknya yang dalam hal ini merupakan makhluk hidup yang paling tinggi kedudukannya. Salah satu indikatornya ialah sifat unik manusia. Dibandingkan dengan makhluk lain, jasmani manusia adalah lemah, tetapi rohani atau akal budi dan kemauannya sangat kuat. Umumnya dikatakan bahwa manusia dan binatang berbeda karena akal budi yang dimilikinya. Akal bersumber pada otak. Dan budi bersumber pada jiwa. Oleh karena itu, sejalan dengan perkembangannya manusia memanfaatkan akal budi yang dimilikinya dan juga ditunjang dengan rasa ingin tahu, maka berkembanglah pula ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Perkembangan pengetahuan pun lebih berkembang lagi manakala ditunjang dengan adanya tukar menukar informasi antar manusia.

B.     Tujuan Ilmu Alamiah dasar (IAD)
Bagi Seorang mahasiswa ia dituntut untuk memiliki cakrawala pandang yang luas baik dalam bidang social terutama dalam bidang ilmu pengetahuan alam, karena di lingkungan sosialnya ia jugamenempati lingkungan alam dan ia akan menemui persoalan pengetahuan alamyang memerlukan penalaran sehingga ia diharapkan dapat peka, cepat tanggapdan dapat mengambil tindakan yang tepat terhadap permasalahan alam yangada serta bertanggungjawab terhadap berbagai masalah perkembangan IlmuPengetahuan Alam dan Teknologi di samping masalah sosial dan budaya yangada di masyarakat.Untuk lebih jelasnya bahwa tujuan pengajaran IAD adalah :
1.      Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
2.      Memberikan wawasan pengetahuan pengertian dan apresiasi terhadapobjek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan dalam IPA danteknologi
3.      Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran,cara-cara pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi
4.      Mengembangkan interaksi yang selaras dan disiplin ilmu eksakta dannon-eksakta

Tujuan Ilmu Alamiah Dasar terbagi dua,yaitu :
1.      Tujuan Instruksional Umum, Tujuannya adalah dimana dapat memahami
perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala Alam sampai terwujudnya metode ilmiah yang secara khusus dari ilmu pengetahuan Alam.
2.      Tujuan Instruksional Khusus
a.       Dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia.
b.      Dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap "Rahasia ingin tahu" nya.
c.       Dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.

Sumber :
stkip.files.wordpress.com, 03-04-2013