A.
Pengertian
Prestasi
Menurut
(Poerwadarminta, 1980) dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, kata “prestasi” mempunyai arti
hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya). Dalam proses
pendidikan, prestasi dibatasi pada prestasi belajar atau prestasi akademik. Menurut Azwar (1996) prestasi atau
keberhasilan belajar dapat dioperasionalkan
dalam bentuk-bentuk atau indikator-indikator berupa nilai raport, indeks prestasi studi, angka
kelulusan, predikat keberhasilan dan sebagainya. Dari
pengertian tersebut, istilah prestasi dapat diartikan sebagai hasil yang telah dicapai dari suatu usaha yang
telah dilakukan atau dikerjakan seseorang yang dinyatakan
dengan menggunakan simbol atau angka.
B.
Faktor
– Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik
Keberhasilan dalam
proses belajar yang terjadi, dilatarbelakangi oleh adanya sumber atau penyebab yang
mempengaruhi berlangsungnya proses belajar mengajar itu sendiri. Faktor tersebut dapat
berupa penghambat maupun pendorong pencapaian prestasi.
Menurut Burton dalam Rakhmat (1994), sumber penyebab yang menghambat hasil belajar tersebut
secara sederhana dikelompokkan menjadi dua
kategori,
yaitu faktor internal dan eksternal.
-
Faktor Internal
Faktor ini merupakan
faktor penghambat yang berasal dari diri peserta didik, antara lain kelemahan fisik, cacat
fisik, dan kelemahan mental. Faktor ini dapat terjadi karena bawaan, pertumbuhan yang
terhambat, kurang gizi,kecelakaan maupun
penyakit.
Terdapat pula hambatan yang berupa kelemahan emosional, maupun kelemahan sebagai akibat dari sikap
atau kebiasaan yang salah.
-
Faktor Eksternal
Faktor penghambat
prestasi belajar yang berasala dari luar peserta didik antara lain situasi tempat belajar (kampus),
keluarga dan masyarakat. Secara detail
faktor
penghambat ini dapat berupa sistem pengajaran (kurikulum) yang tidak sesuai, fasilitas yang terbatas, beban
belajar yang berlebihan, kondisi rumah tangga keluarg dan pergaulan, serta adanya
kegiatan atau kesibukan lain yang menyita waktu.
C. Dampak
Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Siswa
Internet merupakan
teknologi yang menyediakan berbagai informasi dan data yang kita
butuhkan.Internet merupakan jaringan internasional yang dapat menghubungkan
komputer-komputer yang ada didunia. Jaringan Internet ini dihubungkan oleh
jaringan telepon (jaringan elektromagnetik).
Tentunya setiap
teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan, begitu pula dengan internet. Tidak
semua infomasi yang ada di internet menyajikan informasi-informasi yang positif
saja tetapi juga terdapat informasi-informasi yang bersifat negatif. Oleh
karena itu, dibawah ini adalah uraian manfaat dan dampak penggunaan internet :
-
Manfaat Internet
Internet sebagai media
komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnyadari
seluruh dunia. Selain dari itu, dengan adanya internet seorang siswa bisa
mengadakan studi banding dengan sekolah-sekolah lain seperti tukar-menukar
informasi pelajaran maupun yang lainnya, dengan seperti itu seorang siswa yang
memiliki kekurangan didalam pelajaran maupun prestasi maka dengan sering
berkomunikasi dengan siswa yang berprestasi maka akan memberikan suatu motivasi
yang kuat terhadap siswa yang kurang berprestasi sehinggga siswa yang kurang
berprestasi menjadi lebih terpacu semangatnya untuk lebih giat lagi belajar.
Kemudahan memperoleh
informasi yang ada di internet sehingga siswa dapat dengan mudah mencari
segala informasi dan data yang mereka butuhkan. Sebagai lahan informasi yang
sangat luas, mudah, dan murah.
-
Teknologi
Gadget
Semakin mudah dan canggihnya gadget membuat kita mampu
menjalankan tugas
tugas yang
harusnya dapat dikerjakan didalam perangkat yang rumit. Misalnya tugas yang
seharusnya dikerjakan dilaptop kini hanya bisa mampu di kerjakan di hp. Kemudian
belajarpun menjadi lebih mudah dengan cara belajar online atau membaca buku
dari online karena sudah mudahnya untuk mengakses internet, seharusnya kemajuan
teknologi yang begitu pesat ini mampu meningkatkan prestasi akademik siswa
dalam belajar dan mempermudah tugas – tugas yang harus dikerjakan.
Ilmu adalah suatu
pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki,
dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang
teleh teruji kebenarannya. misalnya, pengetauan tentang sikap dan prilaku
manusia sebagai mahluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki oleh para
ahli menggunakan metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan tersebut
memang benar bahwa manusai itu mahluk sosial, maka dari itu pengetahuan
tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan adalah
sesuatu yang diketahui atau disadari seseorang yang didapat dari pengalamannya.
pengetahuan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum
teruji. Pengetahuan muncur dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang
sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Teknologi
merupakan suatu penemuan melalui proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan
yang maksimal. teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk
menyediakan kebutuhan. Dengan
demikian, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) adalah suatu ilmu yang
berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.
Dengan begitu seharusnya kita mampu untuk menyelesaikan
tugas dengan lebih
berfariatif,
lebih kreatif, dan mampu menyelesaikannya dalam solusi yang tidak hanya
terbatas pada satu macam solusi saja. Seharusnya dengan mempelajari Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi kita bisa selangkah lebih maju dari yang lain, dengan
teknologi yang kita miliki seharusnya prestasinya kitapun bisa diatas orang
orang yang belum menggunakan teknologi yang canggih atau tidak mempelajari Ilmu
Teknologi dan Informasi.
Sumber :
- Riris Purnomowati. 2006. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi
Belajar
Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang. FE UNES.
- Wulansari Fetty Sandra. 2010. "Hubungan Asal Jurusan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa"
http://e-journal.akbid-purworejo.ac.id/index.php/jkk1/article/view/39/37
http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/12345129.pdf
tanggal akses : 11-12-2013
- Nugroho, Adi Fajar. 2012. "Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar"
http://eprints.uny.ac.id/6725/1/JURNAL%20TUGAS%20AKHIR%20SKRIPSI%20Fajar.pdf
tanggal akses : 11-12-2013
- Hanifah. 2001. "Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik"
http://izzaila.files.wordpress.com/2012/01/prilaku-belajar-1.pdf
tanggal akses : 11-12-2013