Rabu, Desember 11, 2013

#PTI Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik dengan IPTEK


A.    Pengertian Prestasi


Menurut (Poerwadarminta, 1980) dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, kata “prestasi” mempunyai arti hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan dan sebagainya). Dalam proses pendidikan, prestasi dibatasi pada prestasi belajar atau prestasi akademik. Menurut Azwar (1996) prestasi atau keberhasilan belajar dapat dioperasionalkan dalam bentuk-bentuk atau indikator-indikator berupa nilai raport, indeks prestasi studi, angka kelulusan, predikat keberhasilan dan sebagainya. Dari pengertian tersebut, istilah prestasi dapat diartikan sebagai hasil yang telah dicapai dari suatu usaha yang telah dilakukan atau dikerjakan seseorang yang dinyatakan dengan menggunakan simbol atau angka.
B.     Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik
Keberhasilan dalam proses belajar yang terjadi, dilatarbelakangi oleh adanya sumber atau penyebab yang mempengaruhi berlangsungnya proses belajar mengajar itu sendiri. Faktor tersebut dapat berupa penghambat maupun pendorong pencapaian prestasi. Menurut Burton dalam Rakhmat (1994), sumber penyebab yang menghambat hasil belajar tersebut secara sederhana dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu faktor internal dan eksternal.
-          Faktor Internal
Faktor ini merupakan faktor penghambat yang berasal dari diri peserta didik, antara lain kelemahan fisik, cacat fisik, dan kelemahan mental. Faktor ini dapat terjadi karena bawaan, pertumbuhan yang terhambat, kurang gizi,kecelakaan maupun penyakit. Terdapat pula hambatan yang berupa kelemahan emosional, maupun kelemahan sebagai akibat dari sikap atau kebiasaan yang salah.
-          Faktor Eksternal
Faktor penghambat prestasi belajar yang berasala dari luar peserta didik antara lain situasi tempat belajar (kampus), keluarga dan masyarakat. Secara detail faktor penghambat ini dapat berupa sistem pengajaran (kurikulum) yang tidak sesuai, fasilitas yang terbatas, beban belajar yang berlebihan, kondisi rumah tangga keluarg dan pergaulan, serta adanya kegiatan atau kesibukan lain yang menyita waktu.
C.     Dampak Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Siswa
Internet merupakan teknologi yang menyediakan berbagai informasi dan data yang kita butuhkan.Internet merupakan jaringan internasional yang dapat menghubungkan komputer-komputer yang ada didunia. Jaringan Internet ini dihubungkan oleh jaringan telepon (jaringan elektromagnetik).
Tentunya setiap teknologi memiliki kekurangan dan kelebihan, begitu pula dengan internet. Tidak semua infomasi yang ada di internet menyajikan informasi-informasi yang positif saja tetapi juga terdapat informasi-informasi yang bersifat negatif. Oleh karena itu, dibawah ini adalah uraian manfaat dan dampak penggunaan internet :
-          Manfaat Internet
Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnyadari seluruh dunia. Selain dari itu, dengan adanya internet seorang siswa bisa mengadakan studi banding dengan sekolah-sekolah lain seperti tukar-menukar informasi pelajaran maupun yang lainnya, dengan seperti itu seorang siswa yang memiliki kekurangan didalam pelajaran maupun prestasi maka dengan sering berkomunikasi dengan siswa yang berprestasi maka akan memberikan suatu motivasi yang kuat terhadap siswa yang kurang berprestasi sehinggga siswa yang kurang berprestasi menjadi lebih terpacu semangatnya untuk lebih giat lagi belajar.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga siswa dapat dengan mudah mencari segala informasi dan data yang mereka butuhkan. Sebagai lahan informasi yang sangat luas, mudah, dan murah.
-          Teknologi Gadget

Semakin mudah dan canggihnya gadget membuat kita mampu menjalankan tugas
tugas yang harusnya dapat dikerjakan didalam perangkat yang rumit. Misalnya tugas yang seharusnya dikerjakan dilaptop kini hanya bisa mampu di kerjakan di hp. Kemudian belajarpun menjadi lebih mudah dengan cara belajar online atau membaca buku dari online karena sudah mudahnya untuk mengakses internet, seharusnya kemajuan teknologi yang begitu pesat ini mampu meningkatkan prestasi akademik siswa dalam belajar dan mempermudah tugas – tugas yang harus dikerjakan.

Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki, dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang teleh teruji kebenarannya. misalnya, pengetauan tentang sikap dan prilaku manusia sebagai mahluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki oleh para ahli menggunakan metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa manusai itu mahluk sosial, maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau disadari seseorang yang didapat dari pengalamannya. pengetahuan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncur dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya. Teknologi merupakan suatu penemuan melalui proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan yang maksimal. teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk menyediakan kebutuhan. Dengan demikian, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.
Dengan begitu seharusnya kita mampu untuk menyelesaikan tugas dengan lebih
berfariatif, lebih kreatif, dan mampu menyelesaikannya dalam solusi yang tidak hanya terbatas pada satu macam solusi saja. Seharusnya dengan mempelajari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kita bisa selangkah lebih maju dari yang lain, dengan teknologi yang kita miliki seharusnya prestasinya kitapun bisa diatas orang orang yang belum menggunakan teknologi yang canggih atau tidak mempelajari Ilmu Teknologi dan Informasi.



Sumber : 
- Riris Purnomowati. 2006. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang. FE UNES.
- Wulansari Fetty Sandra. 2010. "Hubungan Asal Jurusan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa" 
http://e-journal.akbid-purworejo.ac.id/index.php/jkk1/article/view/39/37
http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/12345129.pdf
tanggal akses : 11-12-2013
- Nugroho, Adi Fajar. 2012. "Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar" 
http://eprints.uny.ac.id/6725/1/JURNAL%20TUGAS%20AKHIR%20SKRIPSI%20Fajar.pdf
tanggal akses : 11-12-2013
- Hanifah. 2001. "Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik"
http://izzaila.files.wordpress.com/2012/01/prilaku-belajar-1.pdf
tanggal akses : 11-12-2013