Senin, Oktober 28, 2013

#PTI Komunitas Online

#PTI Komunitas Online
Perkembangan teknologi di Indonesia mengalami perkembangan dalam pemanfaatannya. Pengguna social media seperti Facebook, Twitter, Yahoo, Blog, YouTube, dll meningkat tajam. Ini membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media terciptalah beragam komunitas online. Arti komunitas itu sendiri adalah Arti Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang artinya masyarakat, publik atau banyak orang. Wikipedia bahasa Indonesia menjelaskan Arti Komunitas sebagai sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme  yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Sedangkan Komunitas online itu sendiri adalah sekelompok orang dalam berkomunikasi menggunakan internet sebagai media utama dan tidak mengandalkan pertemuan langsung secara fisik. Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya. Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati.
Keunikan komunitas online karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Perananannya dalam Masyarakat. Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan informasi, namun sepenting apapun informasi itu bila hanya disuarakan satu orang onliner atau gaungnya tidak akan terdengar. Disinilah peran sebuah komunitas online diperlukan, sebuah informasi bila disuarakan secara bersama- sama  oleh komunitas online tentu gaungnya akan besar terdengar, yang bisa menarik perhatian media mainstrem tentunya informasi penting yang gaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang. Meskipun komunitas online ini sering bertemu lewat dunia maya, tidak klop rasanya jika tidak bertemu secara langsung. Biasanya mereka menyebut dengan “Kopdar” atau kopi darat. Acara yang berlangsung selama kopi darat adalah berkenalan lebih dekat lagi dengan anggota komunitas, share tentang pengalaman hidup, dan lainnya.
Sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah. Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang. Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza dll. Komunitas online merupakan sebuah bentuk peradaban baru di kehidupan manusia. Komunitas online yang menggunakan sosial media sebagai alatnya, secara perlahan membuat revolusi didalam kehidupan masyarakat,menjadi penggerak sebuah perubahan dalam berbagai bidang,baik dibidang sosial,politik,ataupun ekonomi. Anda tertarik bergabung dengan komunitas online ? Mengapa hanya bergabung jika anda bisa menciptakannya ? berikut adalah cara membuat komunitas online.
1.      Sebagai motivasi untuk berbagai informasi, percayalah dengan input dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
2.      Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan sebagai motivasi untuk berbagai informasi
3.      Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian dari komunitas adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.

Setelah mengetahui pengertian komutias online, berikut adalah macam – macam komunitas online di Indonesia, mulai dari yang profesional, penggemar kuliner, sampai para pekerja IT. Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia online sebab dunia internet merupakan dunia yang akrab bagi mereka. Namun ternyata banmyak juga komunitas oline yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan, pembelajaran,dan sebagainya. 

Sumber :
-          Mardhikai, Yoswa. “Under Community, Web&Blog” 04/03/2011Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh dari : http://yoszuaccalytt.blogdetik.com/2011/03/04/komunitas-online-peranannya-dalam-masyarakat/
-          Aldi. "Kerja virtual, Komunitas online, Polarisasi Kelompok" 21/10/2012Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh dari: http://aldigundar.wordpress.com/2012/10/21/kelompok-kerja-virtual-polarisasi-kelompok-komunitas-online/
-          Rizkacil. “Komunitas Online”22/20/2012
Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh dari : http://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/
-          Rendi, Meidi. “Komunitas Online” 22/10/2012
Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh dari : http://meidi-rendi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html
-          Wikipedia. “Komunitas”
Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas