#PTI Komunitas Online
Perkembangan teknologi
di Indonesia mengalami perkembangan dalam pemanfaatannya. Pengguna social media
seperti Facebook, Twitter, Yahoo, Blog, YouTube, dll meningkat tajam. Ini
membuktikan bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman.
Dari interaksi-interaksi yang intens antar sesama pengguna sosial media terciptalah
beragam komunitas online. Arti komunitas itu sendiri adalah Arti Komunitas
berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis yang
artinya masyarakat, publik atau banyak orang. Wikipedia bahasa Indonesia
menjelaskan Arti Komunitas sebagai
sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan,
umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia,
individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya,
preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Sedangkan Komunitas
online itu sendiri adalah sekelompok orang dalam berkomunikasi menggunakan
internet sebagai media utama dan tidak mengandalkan pertemuan langsung secara
fisik. Menurut Ferguson et al.,
2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul
untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling
mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet
yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada
lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce
kepada penghuninya. Sebuah komunitas harus melakukan
kegiatan rutin yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain
sebuah komunitas tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati.
Keunikan komunitas
online karena para anggota didalam sebuah komunitas online bisa secara
bersama-sama melakukan suatu aksi tanpa harus berkumpul di satu tempat. Perananannya
dalam Masyarakat. Di era internet siapapun bisa membuat dan menyebarkan
informasi, namun sepenting apapun informasi itu bila hanya disuarakan satu
orang onliner atau gaungnya tidak akan terdengar. Disinilah peran sebuah
komunitas online diperlukan, sebuah informasi bila disuarakan secara bersama-
sama oleh komunitas online tentu gaungnya akan besar terdengar, yang bisa
menarik perhatian media mainstrem tentunya informasi penting yang gaungkan para
onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang. Meskipun
komunitas online ini sering bertemu lewat dunia maya, tidak klop rasanya jika
tidak bertemu secara langsung. Biasanya mereka menyebut dengan “Kopdar” atau
kopi darat. Acara yang berlangsung selama kopi darat adalah berkenalan lebih
dekat lagi dengan anggota komunitas, share tentang pengalaman hidup, dan
lainnya.
Sebuah informasi bila
disuarakan secara bersama-sama oleh komunitas Online tentu gaungnya akan besar
terdengar,yang bisa menarik perhatian media mainstream maupun pemerintah.
Setelah diberitakan oleh media mainstream tentunya informasi penting yang
digaungkan para onliner ini akan menjadi informasi yang diketahui banyak orang.
Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat.
Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan
kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih
baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas
online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza
dll. Komunitas online merupakan sebuah bentuk peradaban baru di kehidupan
manusia. Komunitas online yang menggunakan sosial media sebagai alatnya, secara
perlahan membuat revolusi didalam kehidupan masyarakat,menjadi penggerak sebuah
perubahan dalam berbagai bidang,baik dibidang sosial,politik,ataupun ekonomi. Anda
tertarik bergabung dengan komunitas online ? Mengapa hanya bergabung jika anda
bisa menciptakannya ? berikut adalah cara membuat komunitas online.
1.
Sebagai motivasi untuk berbagai informasi, percayalah dengan input
dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user bias bebas mencurahkan
pemikirannya ke anggota lain.
2.
Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan peruahan proses dan
konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan sebagai motivasi untuk berbagai
informasi
3.
Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian dari komunitas
adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan
diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.
Setelah mengetahui pengertian komutias online, berikut adalah
macam – macam komunitas online di Indonesia, mulai dari yang profesional, penggemar
kuliner, sampai para pekerja IT. Pekerja IT memang wajar jika memiliki dunia
online sebab dunia internet merupakan dunia yang akrab bagi mereka. Namun ternyata
banmyak juga komunitas oline yang bidangnya sangat jauh dari dunia teknologi
informasi dan komunikasi, misalnya dunia kewirausahaan, penulisan,
pembelajaran,dan sebagainya.
Sumber :
-
Mardhikai, Yoswa. “Under
Community, Web&Blog” 04/03/2011Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh dari : http://yoszuaccalytt.blogdetik.com/2011/03/04/komunitas-online-peranannya-dalam-masyarakat/
-
Aldi. "Kerja
virtual, Komunitas online, Polarisasi Kelompok" 21/10/2012Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh dari: http://aldigundar.wordpress.com/2012/10/21/kelompok-kerja-virtual-polarisasi-kelompok-komunitas-online/
-
Rizkacil. “Komunitas Online”22/20/2012
Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh
dari : http://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/
-
Rendi, Meidi. “Komunitas Online” 22/10/2012
Tanggal Akses : 27 Oktober 2013, diperoleh
dari : http://meidi-rendi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html
-
Wikipedia. “Komunitas”
Tanggal Akses : 27
Oktober 2013, diperoleh dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas