Senin, Desember 28, 2015

#SIP Artificiall Intelegence and Expert System




Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Kecerdasan buatan ini merupakan aplikasi komputer yang paling canggih karena aplikasi ini berusaha mencontoh cara pemikiran manusia. Tujuan dari dibuatnya aplikasi yang berbasis kecerdasan buatan ini adalah untuk membuat aplikasi tersebut menjadi lebih bermanfaat untuk manusia, membuatnya menjadi lebih pintar, dan memamhami apa itu kecerdasan.

Sedangkan sistem pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sebagaimana yang dipikirkan oleh para ahli atau pakar. Pakar yang dimaksud adalah seseorang yang mempunyai keahlian khusus yang dapat menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh orang awam. Sebagai contoh, seorang psikolog adalah seseorang yang mampu mendiagnosis penyakit mental yang sedang dihadapi oleh klien atau pasiennya, serta dapat memberikan penatalaksanaan terhadap penyakit tersebut. Sistem pakar hanya dapat dikatakan berhasil ketika mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh pakar aslinya baik proses pengambilan keputusan maupun hasil dari pengambilan itu sendiri.

Kaitan Kecerdasan Buatan dengan Sistem Pakar
Sistem pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan, sistem pakar merupakan perwujudan dari kecerdasan buatan. Dengan adanya ilmu yang mempelajari komputer agar dapat meniru pemikiran manusia maka terciptalah sistem pakar yang merupakan aplikasi yang bertindak seolah seperti cara berpikir manusia. Dengan adanya sistem pakar ini manusia menjadi seolah-olah sedang berinteraksi dengan seorang pakar hanya dengan sebuah aplikasi, selain itu aplikasi sistem pakar ini juga dapat memberikan penjelasan-penjelasan sehingga user menjadi lebih mengerti. Sebuah sistem pakar memiliki 2 komponen dasar, yaitu pengetahuan dan mesin interfensi. Basis pengetahuan merupakan tempat penyimpanan pengetahuan dalam memori komputer, dimana pengetahuan ini diambil dari pengetahuan pakar. Mesin interfensi adalah otak dari aplikasi sistem pakar. Bagian inilah yang menuntun user untuk memasukan fakta sehingga menghasilkan suatu kesimpulan.

Aplikasi Eliza, Parry dan Net Talk
A.      Eliza
Eliza adalah salah Sistem Pakar yang dikembangkan pada tahun 1966. Ini adalah program computer terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT. Pengguna berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang terapis. Merupakan aplikasi yang akan merespon melaui sebuah teks maupun suara ketika ketika kita memberikan balasan baik merupakan suara maupun melalui teks. Tampilan awal saat muncul adalah sebuah audio yang berbunyi dan bertuliskan
Eliza : “Hello, touch the microphone to speak to me, or type at the promt.”
Kemudian, bila kita hendak berbicara diharuskan untuk menekan gambar mikropon disebelah kanan atas, namun bila kita juga bisa menuliskannya dengan mengetiknya. Keduanya sama-sama akan merespon balasan. 


B.      Parry
Parry adalah Sistem Pakar yang dikembangkan di Stanford University oleh seorang psikiater, Kenneth Colby, Hilf, Webber dan Kreamer pada tahun 1972 yang mensimulasikan seorang paranoid sebagai subjek karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoid memang ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi computer dan respon manusia.

C.      NETtalk

NETtalk program ini jenisnya cukup bebeda, berdasarkan pada jaring-jaring neuron, sehingga dinamakan  NETtalk. Program ini dikembankan oleh Sejnowki disekolah medis Harvard dan Rosenberg di universitas Princeton. Dalam program ini , NETtalk membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras.

Sumber :
Kusrini. (2006). Sistem pakar, teori dan aplikasi. Andi: Yogyakarta
Mc.Leod .R., Schell. G.P. (2008). Sistem informasi manajemen (ed 10). Salemba Empat: Jakarta
Minartiningtyas, A.B. (2013) Kecerdasan Buatan. http://informatika.web.id/category/kecerdasan-buatan/  diakses pada 27 Desember 2015

0 komentar:

Posting Komentar