Senin, Mei 20, 2013

IPTEK

  •   IPTEK
IPTEK adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi. IPTEK adalah sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, definisi lebih lengkap tentang teknologi adalah Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Tanpa disadari saat beraktifitas dalam kehidupan sehari – hari kita telah menggunakan teknologi, meskipun itu hanya teknologi sederhana. Misalnya untuk memetik buah dari pohon seseorang akan menggunakan galah, itu saja sudah dapat disebut dengan teknologi. Contoh tersebut merupakan contoh dari teknologi sederhana, hal tersebut cukup membuktikan bahwa teknologi memang sudah ada dari zaman dahulu.
  • Hubungan IPTEK dengan Ilmu Psikologi
Dari contoh sederhana diatas mengenai penggunaan teknologi sederhana sudah menjelaskan bahwa sesungguhnya teknologi memang sudah ada sejak zaman dulu. Seseorang dapat menggunakan teknologi karena manusia berakal, dengan akalnya manusia akan mencari cara bagaimana ia mengatasi suatu masalah, ingin hidup lebih baik, ingin lebih aman dsb. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Pada satu sisi perkembangan IPTEK yang semakin maju dan mengagumkan tersebut membawa manfaat yang besar bagi kehidupan manusia itu sendiri. Misalnya saja jenis – jenis pekerjaan yang seharusnya menguras tenaga manusia atau menggunakan tenaga yang besar untuk menyelesaikannya kini sudah dapat diatasi dengan perkembangan teknologi yang canggih, mesin dapat meringankan manusia dalam pekerjaan berat yang dapat menguras tenaga manusia. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia.  Mesin yang kini mencari berbagai macam informasi melalui dunia internet sudah merajalela. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri.
Namun manusia tidak dapat juga memungkiri dirinya sendiri bahewa pada kenyataanya IPTEK atau lebih khususnya dunia internet mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia itu sendiri. Kalaupun teknologi dapat membantu manusia dalam tugasnya sehari – hari, tidak berarti bahwa teknologi itu adalah sesuatu yang dapat menampilkan kebenaran. IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan objektif, kebenaran itu harus juga mencakup unsure keadilan. Ilmu Pengetahuan Teknologi atau yang biasanya disebut (IPTEK) tetntu saja tidak mengajari manusia mengenai moral, oleh karena itu IPTEK tidak dapat menjadi dasar kebenaran dalam setiap masalah – masalah yang dihadapi manusia. Oleh karenanya dibutuhkan pemahaman di masyarakat mengenai dunia teknologi khususnya dalam berinternet, semua fasilitas teknologi memang dapat membantu manusia dalam kehidupan sehari – hari khususnya internet. Internet dapat dengan mudah membuat seseorang mengetahui informasi yang sedang dicarinya, atau informasi yang sedang berkembang saat ini. Tetapi jika pemahaman kita minim mengenai teknologi, khususnya internet maka tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan mendapat dampak negative baik itu secara fisik maupun secara psikis.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
  • Dampak negative dan Positif dari IPTEK
Dampak positif dari perkembangan IPTEK yaitu, dapat mempermudah manusia dalam mengerjakan tugas sehari – hari.
-          Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
-          Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
-          Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.
-          Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
-          Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
-          Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja IT atau jenis lowongan pekerjaan baru lainnya.
Tentu saja jika sesuatu ada dampak positif, pasti sesuatu itu juga ada dampak negatifnya. Dampak negative dari IPTEK, yaitu :
-          Membuat manusia jadi malas, menyerahkan atau menggantungkan semua pekerjaanya pada mesin
-          Isu SARA, kekerasan dan pornografi menjadi hal yang biasa.
-          Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang seperti narkoba dan produk black market atau ilegal.
-          Para penipu dan penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksi online.
-          Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.
Semua kebijakan atau suatu perkembangan pasti diikuti sisi positif dan negatif termasuk dalam perkembangan Teknologi Informasi dalam kehidupan kita dan hendaknya kita sendiri yang mewaspadai fenomena yang terjadi supaya bisa meminimalisir sisi yang negatif.

Sumber :
http://forum.kompas.com/internet/206391-dampak-positif-negatif-perkembangan
teknologi-informasi.html
http://wwwkebudayaancommel.blogspot.com/2011/01/pengertian-iptek.html?m=1
Dampak Positif & Negatif Perkembangan Teknologi Informasi
http://imron681.blogspot.com/2010/09/hubungan-internet-dengan-psikologi.html?m=1
IPTEK dalam Kehidupan Sehari-hari

0 komentar:

Posting Komentar