Sabtu, September 28, 2013

#PTI Chatting

Chatting adalah fasilitas internet yang berfungsi untuk mengobrol melalui media apapun, dengan keadaan satu dan yang lainnya sedang online. Chatting dapat berupa antar teks text chat) maupun melalui suara (voice chat). Fungsi chatting yang paling mendasar adalah mempermudah manusia untuk saling berkomunikasi antara satu manusia dengan manusia yang lainnya tanpa harus bertatap muka dengan lawan bicara kita. Tentunya ini sangat memudahkan dan menguntungkan bagi siapa saja yang ingin menghubungi kerabat atau rekan yang jauh dan tak sempat bila harus menemui langsung maka chatting adalah jalan alternative untuk berkomunikasi dengan kerabat atau rekan yang berjauhan dengan mudah. Hanya membutuhkan internet saja. Chatting melalui internet memiliki banyak manfaat selain kita dapat saling mengenal berbagai orang dalam dunia maya, kita juga dapat belajar berbahasa ataupun berbudaya bagi yang memiliki teman atau rekan yang berbeda negara, ataupun provinsi. Menyampaikan berita atau berbicara melalui chatting menguntungkan bila pembicara tidak ingin pembicaraannya didengar oleh orang lain.
Namun selayaknya berkomunikasi dengan lawan becara, entah itu melalui dunia maya maupun dalam kehidupan nyata tentu ada aturan – aturan yang harus di jaga agar ketika kita berbicara pihak lawan bicara tidak merasa tersinggung. Berikut adalah tatakrama dalam chatting.
1.      Baiknya ketika hendak mengawali pembicaraan baik itu dalam dunia nyata maupun dalam dunia maya, biasakan mengucapkan salam.
2.      Jangan sekali-sekali menggunakan huruf capital pada saat chatting. Karena huruf capital mampu memberikan analogi bahwa lawan bicara kita sedang marah, berteriak, atau emosi. Tentu hal ini tidak menyenangkan bagi lawan bicara.
3.      Tidak mengandung unsure sara, meskipun hanya melalui dunia maya perbuatan tersebut sangatlah tidak menyenangkan dan hal ini sangat sensitive sifatnya. Dan hal itu juga tidak akan menguntungkan bagi keduanya.

Sumber :
Indah.”Fungsi dan Manfaat Chatting”. 28 September 2013.
http://kolakmanis.blogspot.com/2011/06/fungsi-dan-manfaat-chating.html
Bimbingan.”Fungsi Chatting dan Tatakrama dalam menggunakannya”
http://www.bimbingan.org/fungsi-chatting.htm
Ramadhani Sari.”Pengertian Chatting”. 28 September 2013.
http://sari-rahmadhanixi.blogspot.com/2011/11/pengertian-chatting.html