Kamis, Oktober 03, 2013

#PTI Netiquette

Dunia maya adalah dunia yang bebas tanpa aturan. Siapa bilang? Sesungguhnya tidak ada kebebasan yang mutlak dalam dunia ini meskipun didalam dunia maya ketika kita berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain tentu kita sudah harus tahu pasti ada aturan yang harus dipatuhi. Semakin canggih teknologi pada jaman sekarang ini tidak didukung dengan kemampuan berpikir yang semakin maju pula. Karena sekarang sudah semakin mudahnya masyarakat mengakses internet untuk terhubung ke dunia maya, siapapun dapat mengaksesnya. Hingga akhirnya karena tidak ada batasan atau larangan, seringkali dunia maya dijadikan tempat untuk mengeluarkan keluh kesah atau justru tempat saling sindir. Tentu ini tidak benar, karena dapat membuat seseorang merugi dan merasa tidak nyaman. Karena sesungguhnya dimanapun kita berada ketika kita berhadapan dengan manusia baik itu langsung atau tidak langsung ada etika atau tatakrama dalam berinteraksi. Berikut adalah etika dalam berinternet :
1.      Jangan Menggunakan Huruf Kapital
Huruf capital sering di analogikan sebagai ekspresi yang emosional, marah, kesal ataupun berteriak. Tentu ini tidak akan menyenangkan bagi siapa saja yang sedang berinteraksi dengan lawan bicara yang seperti ini. Tetapi bukan berarti kita tidak dapat menggunakan huruf capital sama sekali, huruf capital dapat digunakan dengan menggunakan penegasan maksud yang secukupnya saja.
2.      Hati – Hati dalam Memforward
Ketika anda hendak memforward sebuah informasi, maka pastikanlah dahulu informasi yang anda forward adalah benar. Karena jika informasi yang anda forward ternyata hanyalah kebohongan, maka orang – orang disekitar akan menduga anda adalh pembohong dan mengada – ngada. Tentu tidak menyenangkan jika kita dicap sebagai penyebar berita bohong (hoax)
3.      Kritik dan Saran
Jangan pernah mengkritik atau member saran kepada seseorang didalam forum/group percakapan tertentu. Karena ini hanya akan membuat orang yang anda kritik menjadi rendah diri. Berbeda dengan bila anda megkritik salah satu anggota forum untuk tujuan memajukan forum.
4.      Jujur Dalam Mencantumkan Sumber Informasi
Jangan sesekali mengakui tulisan orang lain sebagai karya hasil diri anda sendiri. Meskipun tulisan yang anda cantumkan telah di revisi segala macam tetap saja anda mendapatkannya dari orang lain, maka mau tidak mau anda harus mencantumkan sumber atau situs dari informasi yang anda kutip.
5.      Jangan Tebar Isu Sara
Sara itu singkatan dari Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan. Hindari unsure sara karena bagi siapapun yang membuat isu dengan unsure sara hanya akan membuat persatuan dan kesatuan antar sesama akan menjadi terpecah belah.
Itu merupakan sedikit dari beberapa etika yang harus di taati ketika seseorang berinternet/berkomunikasi melalui dunia maya. Tidak hanya itu, didalam etika berinternet juga dikenal dengan istilah – istilah Flaming, Junking, dan Trolling. Berikut adalah sedikit mengenai pembahasan Flaming, Junking, dan Trolling.
a.       Flaming, dapat diartikan sebagai tindakan yang mengejek, meprovokasi, ataupun sebuah penghinaan yang ditujukan kepada seseorang sehingga keadaan menjadi panas dan munculah perdebatan yang tidak diinginkan
b.      Trolling, sering diartikan sebagai suatu postingan yang bersifat menghasut atau mengajak yang sifatnya tidak relevan dengan topic yang sedang dibicarakan di komunitas online seperti forum, misalnya. Tujuan dari trolling ini adalah untuk menghasut dan memancing emosi para pengguna internet lainnya.


c.       Junking, junking adalah bila seseorang memposting sesuatu yang tidak berguna. Atau kata – kata yang seseorang posting tidak bermanfaat apapun selain hanya untuk menambah jumlah postingannya saja. Tentu saja pelaku junk juga mendapat kerugian seperti mengurangi kreadibilitasnya karena orang – orang pada forum tersebut akan menyangka bahwa orang tersebut hanya dapat bercanda dan hanya bisa membuat rusuh dengan memposting sesuatu yang tidak perlu.

sumber :

Suryaningsih."Etika Berinternet". 25 September 2013.
http://suryaningsih.wordpress.com/2006/11/16/etika-ber-internet/
Suharyadi, Erdin."Etika dalam Menggunakan Internet". 03 Oktober 2013.
http://alamtekno.blogspot.com/2013/05/etika-penggunaan-internet.html
Denny."Arti Kata OOT, Junk, Sara, Rasisme, Flaming, Trolling dan Hoax. 03 Oktober 2013.
http://indo.createmybb3.com/thread-64.html
Fiche, Drache."Definisi Junk & Tips Sebelum Posting". 03 Oktober 2013.
http://forum.hon.garena.co.id/showthread.php?22174-Definisi-Junk-amp-Tips-Sebelum-Posting