Minggu, November 08, 2015

#SIP Software Pengolah Database

MySQL
sumber : Google.co.id
MySQL merupakan salah satu sistem database yang sangat handal karena menggunakan sistem SQL. Dengan adanya SQL maka para pemrograman jaringan dan aplikasi tidak mengalami kesulitan sama sekali di dalam menghubungkan aplikasi yang mereka buat.  MySQL merupakan sistem manajemen database, relasional sistem database dan software open source. MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau yang dikenal dengan DBMS (database management system), database ini multithread, multi-userBerikut ini beberapa keistimewaan dari MySQL, antara lain :
  1. Portability, MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga dan lain-lain.
  2. Multiuser, MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  3. Security, MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti levelsubnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi.
  4. Scalability dan limits, MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris.  Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

 Oracle
sumber : google.co.id

Oracle adalah produk DBMS yang sangat berguna dan tangguh yang dapat bekerja pada berbagai sistem operasi yang berbeda, termasuk windows 2000, windows XP, beberapa variasi UNIX, beberapa sistem operasi mainframe, dan linux. Oracle adalah produk DBMS yang paling populer di dunia serta mempunyai sejarah yang panjang dalam pengembangannya dan pengunaannya. Ada banyak konfigurasi dari serangkaian program Oracle. Sebagai permulaan, ada dua versi mesin DBMS Oracle yang berbeda yaitu Personal oracle dan Enterprise oracle. Selain itu, juga ada form dan reports serta oracle designer, dan sejumlah besar tool untuk mempublikasikan database oracle pada web.
Menurut Computing Channel (dalam Nasution, 2010) keunggulan oracle dibanding dengan yang lain, yaitu:
  1. Client/ server environment, oracle berjalan di jaringan komputer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstal oracle bertanggung jawab menangani proses database, sementara client/workstation yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangi kemacetan jaringan.
  2. Ukuran database yang besar dan pengaturan space, oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space pada harddisk, sehingga ruangan harddisk termanfaatkan secara efisien.
  3. Multiuser, oracle mendukung pelayanan banyak user, yang terkoneksi pada waktu yang sama, dan mengakses data yang sama. Dengan fasilitas ini, oracle mampu menghindari konflik data secara baik.
  4. Connectibility, oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data.
  5. Hight Transaction Processing Performance, oracle dapat mengatur sistem agar pemrosesan data dapat berjalan dengan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak pada suatu waktu.

Microsoft Access
sumber : Google.co.id

Microsoft Access, adalah salah satu program aplikasi database produksi Microsoft. Microsoft Acess merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office. Microsoft access sebelumnya sudah memiliki banyak versi sebelum versi Microsoft 2010. Beberapa versi tersebut antara lain Microsoft access 1995 , 1997 ,2000, 2002, 2003 dan 2007. Micrsoft access sering digunakan pada pengembangan aplikasi database, khususnya aplikasi database berskala kecil. Dengan Microsoft access, kita akan lebih mudah membuat sebuah aplikasi database.


Sumber :
Huda, M., & Komputer, B. (2010). Membuat aplikasi database. Jakarta: Elex Media Komputindo
Mangkulo, Hengky. A. (2010). Membangun Aplikasi Stok Inventori dengan Microsoft Access. Jakarta : PT. Gramedia
Kroenke, D. M. (2005). Database processing: dasar-dasar, desain & implementasi. Jilid 2. Edisi kesembilan. Jakarta: Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar