Rabu, April 03, 2013

Definisi dan Tujuan Ilmu Alamiah Dasar

 A.   Definisi Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja. dan ilmu yang hanya berbicara tentang bagaimna metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam lebih secara filosofi. IAD merumuskan pemikiran yang selalu di landasi oleh realisme, karena ilmu sains ini berbicara tentang metode-metode alamiah dan gejala-gejala alamiah sehingga tidak dapat lepas dari realitas objek-objek materi yang dapat dilihat oleh indra.
Sedangkan ilmu alamiah dasar menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006: V) “Ilmu Alamiah Dasar” merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam  bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi”.
                Ilmu alamiah dasar mempelajari dasar-dasar alamiah secara universal atau keseluruhan. Metode-metode yang digunakan dalam menafsirkan Ilmu Alamiah Dasar adalah metode-metode alamiah yang dapat dilihat dan dirasa oleh indra sehingga,tidak dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan untuk membuat prinsip mengenai ilmu alamiah dasar jika tidak ada realitanya. Manusia sebagai subjek pokoknya yang dalam hal ini merupakan makhluk hidup yang paling tinggi kedudukannya. Salah satu indikatornya ialah sifat unik manusia. Dibandingkan dengan makhluk lain, jasmani manusia adalah lemah, tetapi rohani atau akal budi dan kemauannya sangat kuat. Umumnya dikatakan bahwa manusia dan binatang berbeda karena akal budi yang dimilikinya. Akal bersumber pada otak. Dan budi bersumber pada jiwa. Oleh karena itu, sejalan dengan perkembangannya manusia memanfaatkan akal budi yang dimilikinya dan juga ditunjang dengan rasa ingin tahu, maka berkembanglah pula ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Perkembangan pengetahuan pun lebih berkembang lagi manakala ditunjang dengan adanya tukar menukar informasi antar manusia.

B.     Tujuan Ilmu Alamiah dasar (IAD)
Bagi Seorang mahasiswa ia dituntut untuk memiliki cakrawala pandang yang luas baik dalam bidang social terutama dalam bidang ilmu pengetahuan alam, karena di lingkungan sosialnya ia jugamenempati lingkungan alam dan ia akan menemui persoalan pengetahuan alamyang memerlukan penalaran sehingga ia diharapkan dapat peka, cepat tanggapdan dapat mengambil tindakan yang tepat terhadap permasalahan alam yangada serta bertanggungjawab terhadap berbagai masalah perkembangan IlmuPengetahuan Alam dan Teknologi di samping masalah sosial dan budaya yangada di masyarakat.Untuk lebih jelasnya bahwa tujuan pengajaran IAD adalah :
1.      Memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
2.      Memberikan wawasan pengetahuan pengertian dan apresiasi terhadapobjek dan cara pemikiran serta cara-cara pendekatan dalam IPA danteknologi
3.      Memberikan bekal untuk memanfaatkan bahan dan cara pemikiran,cara-cara pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi
4.      Mengembangkan interaksi yang selaras dan disiplin ilmu eksakta dannon-eksakta

Tujuan Ilmu Alamiah Dasar terbagi dua,yaitu :
1.      Tujuan Instruksional Umum, Tujuannya adalah dimana dapat memahami
perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala Alam sampai terwujudnya metode ilmiah yang secara khusus dari ilmu pengetahuan Alam.
2.      Tujuan Instruksional Khusus
a.       Dapat menjelaskan perkembangan naluri kehidupan manusia.
b.      Dapat menjelaskan perkembangan alam pikir manusia dalam memenuhi kebutuhan terhadap "Rahasia ingin tahu" nya.
c.       Dapat memberi alasan yang diterima mitos dalam kehidupan masyarakat.

Sumber :
stkip.files.wordpress.com, 03-04-2013

0 komentar:

Posting Komentar