Jumat, September 27, 2013

#PTI Sejarah Internet

J.C.R adalah salah satu orang yang pertama kali mengemukakan penciptaan Internet pada tahun 1962 Agustus, J.C.R berasal dari MIT Massachutts Institute of Technology dan sejak saat itu lah Sejarah Internet dimulai. Ia mengemukakan tentang jaringan global yang dapat di mengakses data oleh semua orang dimana saja, ia menamakan konsep ini dengan sebutan “Galatic Network”. Di tahun yang sama yaitu 1962 pada bulan oktober beliau kemudian mengepalai program penelitian computer di ARPA yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat.
Tahun 1965 =  untuk pertama kalinya Lawrence G. Roberts atau Larry Roberts dan Thomas menggunakan jalur telpon berkecepatan rendah untuk menciptakan jaringan berskala luas melalui koneksi computer TX-2 dengan komputer Q-32 di California.
Computer Q-32


Computer TX-2

Tahun 1966 = Merencanakan jaringan yang disebut dengan APARNET
Tahun 1967 = APARNET dipublikasikan
Tahun 1969 = APARNET sudah dapat melibatkan empat buah computer yang berkoneksi, computer yang terkoneksi tersebut berada di :
1.      Komputer pertama berada di University of California Los Angelos;
2.      Komputer kedua berada di Stanford Research Institute;
3.      Komputer ketiga berada di University of California Barbara; dan
4.      Komputer ke empat berada di University Utah.

Tahun 1971 = Terhubung ke 14 Komputer. Dibangunnya Protokol Telnet dan FTP.
Tahun 1972 = Dikenalkannya APARNET oleh Larry Roberts dan Bob Kabn pada Konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washington. Pada tahun yang sama juga Ray Tomliinson membuat program yang dapat memungkinkannya surat elektronik dikirim melalui jaringan APARNET menggunakan NCP untuk mengirim data. Pada tahun inilah APARNET berubah nama menjadi DARPA dan menggunakan NCP untuk mentransfer data, kemudian melakukan koneksi Internasional yang pertama kalinya dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.
Tahun 1978 = Di temukannya program yang berfungsi untuk melakukan transfer file yang disebut dengan Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell.
Tahun 1979 =  Pemakai dari seluruh dunia bergabung kedalam grup diskusi yang bernama USENET dengan dasar operasi UUCP.
Tahun 1982 = DCA (Defense Communication Agency) dan DARPA membentuk protocol yang disebut TCP/IP, dan dinyatakan sebagai sebuah standar oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Dan saat itu jugalah Internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung  menggunakan TCP/IP sebagai protocol.



sumber :
"Info Artikel TIK". 27 September 2013
http://www.artikeltik.com/sejarah-internet.html