Minggu, November 08, 2015

#Evolusi Computer Based Information System (CBIS)

sumber : google.co.id

Fokus Pada Awal Data (Electronic Data Processing)
Pengolahan data menggunakan komputer dikenal juga dengan istilah pengolahan data elektronik (PED) atau electronic data processing (EDP).  Contoh dari EDP adalah berfokus pada data, membuat proses transaksi yang efesien agar dapat mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis dan membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.

Fokus Pada Informasi (Management Information System)
Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sebuah sistem informasi pada level manajemen yang berfungsi untuk membantu perencanaan, pengendalian, pengambilan keputusan, dengan menyediakan resume rutin dan laporan-laporan tertentu. SIM mengambil data kemudian mengubahnya menjadi kumpulan data yang lebih berarti yang dibutuhkan oleh Manajer untuk menjalankan tanggung jawabnya.

Fokus Pada Ahli Pakar (Expert System)
Secara umum ahli pakar (expert sistem) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Expert system lebih berpusat pada bagaimana mengkodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi. Adapun cara kerjanya sebagai berikut :
  • Pengguna dapat berkomunikasi dengan sistem menggunakan dialog interaktif
  • Expert System menanyakan pertanyaan dan pengguna memberikan jawaban
  • Jawaban digunakan untuk menentukan aturan mana yang dipakai dan Expert System menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan
  •  Seorang knowledge engineer bertanggung jawab pada bagaimana melakukan akuisi pengetahuan, sama seperti seorang analisis tetapi dilatih menggunakan teknik yang berbeda.

Fokus Pada Otomatisasi Kantor
Sistem otomatisasi kantor adalah penggunaan sistem komputer untuk meningkatkan produktivitas pekerja kantor. Contoh : software pengolah kata, sistem manajemen basis data, program spreadsheet, dan sistem desktop publishing.



Sumber :
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem infrormasi untuk keunggulan bersaing perusaan dan organisasi modern. Yogyakarta : Penerbit ANDI
Hall, J. A. (2004). Sistem informasi akuntansi. Jakarta : Salemba Empat
Pusandan, M. Y. (2014). Pemrograman matlab pada sistem pakar fuzzy. Yogyakarta : Deepublish
Ukar, K. (2006). Pengenalan komputer. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

0 komentar:

Posting Komentar