Minggu, November 08, 2015

#SIP Computer Based Information System (CBIS)

sumber : google.co.id

Pengertian CBIS (Computer Based Information System)
Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan sistem informasi berbasis komputer adalah sistem informasi untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Menurut Wahyono (2003), Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolah data yang dapat menjadikan data sebagai sebuah informasi yang berkualitas dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan keputusan. Data, informasi, sistem, sistem informasi, dan “basis komputer” sebagai kata kunci adalah istilah-istilah yang seringkali berkaitan dengan CBIS. Berikut ini adalah pembahasannya.

Data
Data merupakan bahan baku informasi, dapat didefinisikan sebagai kelompok tertur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, tindakan, fakta, benda, dsb. Data disusun mulai dari bits, bytes, field, record, file dan database. Sistem informasi menerima input data dan instruksi, kemudian mengolah data tersebut menjadi sebuah output.

Informasi
Informasi merupakan salah satu sumber data penting dalam suatu organisasi; digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan. (Kadir & Triwahyuni, 2014). Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. (Hutahaen, 2014). Menurut Gordon B. Davis (dalam  Hutahaen, 2014) informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang sekarang atau keputusan-keputusan yang akan datang.
Berdasarkan definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa informasi adalah hasil dari suatu pengolahan data yang dapat berguna atau bermanfaat bagi penerima informasi dan dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Sistem Informasi
Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan informasi, selanjutnya akan dibahas mengenai sistem informasi. Apa itu sistem informasi?
Menurut Alter (dalam Kadir & Wahyuni, 2014) sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Sistem informasi menurut Hutahean (2014), adalah suatu sistem didalam suatu organaisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar terntentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.
Berdasarkan beberapa definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah proses pengolahan data yang berdasarkan dengan prosedur kerja, agar tercapainya suatu tujuan didalam organisasi.

Berbasis Komputer
Sistem Informasi berbasis komputer memiliki arti bahwa komputer memiliki peranan yang penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sistem informasi tadak selalu menggunakan komputer dalam berbagai kegiatannya. Namun, pada prakteknya penggunaan komputer dapat menjadikan sesuatu yang kompleks menjadi lebih sederhana dan membuatnya menjadi akurat dan efektif, dengan basis komputer.

Manfaat CBIS
  •  Menghemat waktu
  •   Lebih efektif
  • Lebih hemat biaya
  • Pengembangan teknologi


Sumber :
Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta : Deepublish
Kadir, A. & Triwahyuni T.C. (2014). Pengantar teknologi informasi edisi revisi. Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Laudon, J. P., & Laudon, K.C. (2007). Management information system, 10th ed. New Jersey : Pearson Education
Mushin, A.  & Supriyanto, W. (2008). Teknologi informasi perpustakaan. Yogyakarta : Penerbit Kanisius

Wahyono, T. (2003). Computer based information system (CBIS). Kuliah Berseri IlmuKomputer.com, 1, 1-5.

0 komentar:

Posting Komentar